Sabtu, 05 Maret 2016

Teknik Bermain Tenis Lapangan

        Teknik dasar dalam permainan tenis yaitu meliputi pegangan/grip, sikap berdiri, ayunan raket, kontak poin, foot work. Pegangan dalam tenis menurut Yudoprasetio (1981:13) ada tiga cara, yaitu cara memegang dari Amerika bagian timur (disebut eastern grip), cara memegang dari Eropa (disebut continental grip) dan cara Amerika sebelah barat (disebut western grip). Sedangkan teknik pukulan dalam tenis merupakan teknik paling utama karena untuk bermain tenis harus memukul bola dengan raket.

1. Servis
Servis adalah pukulan yang dilakukan pertama kali untuk mengawali sebuah permainan tenis.

        Ada tiga macam servis yaitu sebagai berikut :
           1.    Slice Service

       2.    Amerikan Twist


       3.   Flat serve atau Cannon Bal






2.  Pukulan
ada beberapa jenis pukulan bola dalam permainan tenis lapangan, adapun jenis-jenis pukulan itu antara lain sebagai berikut : 
menurut Magheti (1990:32) menyatakan bahwa pukulan dalam tenis dibedakan menjadi empat macam yaitu service, forehand drive,backhand drive, dan volley.
  • Pukulan lob
          Biasanya pukulan lob  dilakukan jika bola dilewati diatas kepala lawan, puikulan lob dapat dilakukan dengan cara forehand dan backhand.

  • Forehand lob 
          yaitu sikap awal berdiri tegak atau kangkang selebar bahu sedangkan  tangan kanan memegang raket yang diletakkan di sebelah kanan badan,tangan yang memegang raket di ayun dari bawah ke depan atas pada waktu raket disentuhkan bola, pergelangan tangan harus kuat dan lutut sedikti ditekuk.







pakguruolahraga.blogspot.com336 × 422

  • Pukulan dropshoot
          Pukulan dropshoot ini dapat dilakukan dengan forehand maupun backhand
cara melakukannya adalah sebagai berikut :
  • Forehand drive adalah sebuah pukulan yang dilakukan dengan menghadapkan telapak tangan ke arah depan.

  • Backhand drive adalah sebuah pukulan yang dilakukan dengan menghadapkan telapak tangan ke arah belakang, dan punggung tangannya ke arah depan.

  1. pukulan forehand dropshoot
untuk melakukan forehand dropshoot dengan sikap awal berdiri tegak dengan posisi berkagkang selebar bahu sedangkan tangan kanan diletakkan disamping kanan badan bola dipukul dari atas ke bawah.

      2. Pukulan backhand dropshoot

cara melakukannya adalah sebagai berikut :
yaitu Sikap awal berdiri kangkang selebar bahu, berat badan ada dikaki kiri, kemudian tangan kanan diletakkan disamping kiri badan. pada waktu memukul bola, tangan yang memegang raket digerakkan dari samping kiri kearah depan bawah.

  3. Pukulan smash

 adalah sebuah pukulan yang dilakukan dengan sangat keras untuk menghantamkan bola ke arah lapangan sang lawan. Pukulan smash dilakukan ketika bola berada diatas kepala.
http://www.tutorialolahraga.com/2015/10/teknik-dasar-tenis-lapangan.html
http://www.tutorialolahraga.com/


( Lardner, Rex 1992 . Teknik Dasar Tenis ,Semarang: Dahara Prize )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar